P1170359EDIT
JAKARTA– Ketua Dewan Pakar Majelis Pengurus Pusat Ikatan Cendikawan Muslim se-Indonesia (MPP ICMI) Ir. H. Muhammad Hatta Rajasa menghadiri Pelantikan Pengurus Pusat Gerakan Perempuan ICMI periode 2013-2018 di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa 16 April 2013. Dalam sambutannya Hatta mengatakan bahwa peran perempuan sangat penting dalam pembangunan sebuah bangsa.
Partisipasi Perempuan di Keputusan Publik Lebih Terjamin
“Berdirinya Gerakan Perempuan ICMI diharapkan mampu menjawab tantangan untuk berpartisipasi dalam pembangunan sebuah bangsa,” kata Hatta. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI ini, aspek keislaman dan keindonesiaan harus menjadi bagian dari ICMI. Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) juga mengingatkan bahwa dalam Tujuan Pembangunan Milenium (Millennium Development Goals-MDGs), salah satunya menyebutkan mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. “Dari delapan tujuan pembangunan milenium sudah ditetapkan adanya peran perempuan dalam pembangunan dunia,” sambungnya.
MDGs yang akan berakhir tahun 2015 memiliki delapan sasaran, yakni pengentasan kemiskinan dan kelaparan ekstrem, pemerataan pendidikan dasar, mendukung adanya persamaan gender dan pemberdayaan perempuan, mengurangi tingkat kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, perlawanan terhadap HIV/AIDS, malaria dan penyakit lain, menjamin daya dukung lingkungan hidup, mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.
P1170267EDIT
Hatta menambahkan menambahkan partisipasi perempuan dalam pembuatan keputusan publik lebih terjamin dengan lahirnya UU No.10 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum yang menjadi landasan hukum pemilu 2009. Pasal 53 UU No. 10 Tahun 2008 memuat kuota 30% calon legislatif perempuan, ditambah dengan pasal 55 ayat 2 mencantumkan sistem zipper atau di setiap tiga orang bakal calon terdapat sekurang-kurangnya satu orang perempuan.
“Mudah-mudahan dalam Pemilu tahun depan perempuan dapat menempati kursi parlemen dan diharapkan iu berasal dari Gerakan Perempuan ICMI,” tandasnya.
Turut menghadiri acara pelantikan Pengurus Pusat Gerakan Perempuan ICMI, anggota Dewan Kehormatan Pusat ICMI Hj. Sulasikin Moerpratomo, Hj.Tutty Alawiyah, Ketua Presidium MPP ICMI Dr. Hj. Marwah Daud Ibrahim, Ph.D dan Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Perempuan ICMI, Dra Hj Weyla Safitri, M. Si, para tokoh ICMI dan undangan yang terdiri dari unsur partai politik, organisasi kemasyarakatn, LSM dan media massa.(AR)
sumber: hatta-rajasa.info
Iklan