Image

Bencana banjir yang melanda Ibukota Jakarta baru-baru ini membuat ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia) tersentuh untuk bergerak. Selain membantu para korban, ICMI juga peduli dengan kebersihan lingkungan terutama sungai-sungai. Dan pada hari Rabu (23/1) bertempat di ICMI Center Jakarta Selatan, secara simbolis ICMI menyerahkan bantuan alat-alat kebersihan kepada beberapa kelurahan di Jakarta. 

Relawan ICMI Terjun Kembali

Bantuan ini di serahkan atas dasar kepedulian ICMI guna kemajuan dan peradaban bangsa, yang salah satu cirinya adalah dengan cara menjaga kebersihan. “Kami sudah pernah melakukan diskusi mengenai banjir, dan pada saat banjir di tahun 2007 ICMI melalui relawan-relawannya telah bergerak di lapangan, tapi belum menjadi gerakan Nasional. Dan untuk kali ini ICMI ingin menjadikan gerakan tersebut menjadi gerakan Nasional, ungkap Marwah Daud Ibrahim, Ketua Presidium ICMI, (23/1).

ICMI telah berkomitmen merawat sumber air, energi, pangan dan lingkungan akan menjadi salahsatu program unggulan. ICMI pun yakin jika Pemerintah Pusat serta Pemerintah Daerah dan seluruh elemen masyarakat bisa bersatu padu akan bisa menjadikan efektif. Dijelaskan Marwah, jika ICMI bukan hanya peduli dengan sungai namun untuk pertama ini diawali dengan membersihkan lingkungan, tempat ibadah agar bisa dipakai untuk tempat ibadah serta membentuk masyarakat agar bisa memulai hidup bersih. Kita memulai dengan 44 kelurahan di Jakarta yang dilalui aliran sungai dan untuk ke depan akan menyebar ke seluruh Indonesia.

Image

Sungai Terawat Ciri Peradaban Bangsa

ICMI lebih fokus menggerakkan sumber daya manusia-nya, karena sumber daya tidak hanya soal dana namun juga manusia serta sistem. “Gerakan ini bertujuan bagaimana membangun relawan-relawan ICMI yang telah tersebar dan membangun komunitas-komunitas yang telah ada, karena percontohan yang telah relawan-relawan ICMI lakukan selama ini sudah terbukti dan akan kita replikasi,” ungkapnya kembali.

Sebenarnya, lanjut Marwah, jika semua elemen masyarakat di Indonesia ada niat memelihara sungai dengan baik ICMI yakin Indonesia bisa karena negara-negara lain saja bisa melakukan kenapa kita tidak. Sekarang ini ada sekitar 80 relawan ICMI yang tersebar di DKI dan sekitarnya. ”

Dengan terjadinya bencana banjir kemarin, ICMI memperbanyak relawan. Karena ICMI mempunyai agenda besar yaitu membangun peradaban bangsa yang salah satu cirinya adalah merawat sungai-sungai yang ada. Kita semua harus mempunyai kesadaran baru dengan tidak lagi menggunakan sungai menjadi MCK ataupun membuang sampah,” tutup Marwah Daud. Hadir juga dalam penyerahan bantuan tersebut Sekretaris Jenderal ICMI, Muhammad Taufiq.

sumber: dcentronews

POSKO ICMI PEDULI BENCANA

ICMI Center

Jl. Warung Jati Timur No. 1 

Kalibata – Pancoran Jakarta 12740

Phone. (02-21) 7994466

Fax. (02-21) 7995111

 Rekening ICMI:

301.00466.00 Bank Muamalat Indonesia Cabang Arthaloka a/n ICMI

Iklan