Setelah memperoleh pembiayaan modal kerja, para anggota Baitul Maal wat Tamwil Bina  Insan Cita (BMT BIC) juga diberikan pelatihan kewirausahan dan keuangan sederhana. Diharapkan pengetahuan ini akan mengasah keterampilan, meningkatkan kemampuan dan kapasitas usaha lebih maju lagi. “Kami harapkan lewat pelatihan ini ibu dan bapak sekalian bisa lebih rapi dalam mencatat keuangan agar tiap bulan kita tahu untung atau rugi.  Jangan sampai karena kita tidak rapi mencatat keuangan, membuat usaha kita tidak maju,” pesan Direktur BMT BIC, Baihaqi Abdul Madjid dalam  Pelatihan Kewirausahaan dan Keuangan Sederhana dalam rangka Penguatan Kapasitas UMKM Anggota BMT Bina Insan Cita, di ICMI Center , Jakarta (16/2).

Pelatihan bagi Anggota BMT

Lebih lanjut Baihaqi memaparkan, kita bisa memetik teladan dari Rasulullah salahsatunya dalam hal berniaga. Pun sosok istri Rasulullah, Siti Khadijah, bisa menjadi inspirasi. Selain dari pamannya, Abu Thalib, Nabi Muhammad juga memperoleh keterampilan berbisnis dari Siti Khadijah. “Karena itu kita pun berharap ibu-ibu yang hadir di sini adalah ‘Khadijah-khadijah’ yang bisa membangun ekonomi keluarga lebih baik. Juga ibu-ibu sekalian bisa menularkan ilmu ini kepada anak-anaknya terus menerus sehingga ketahanan dan kesejahteraan ada di keluarga kita semua,” imbuhnnya di hadapan peserta pelatihan yang sebagian besar dihadiri kaum ibu ini.

Pengarah Satgas Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, Khairuddin, menegaskan, PT PP (Persero) bersama mitra kerja, dalam hal ini BMT BIC, tidak akan tinggal diam setelah menyalurkan dana pembiayaan kepada nasabah, tapi senantiasa memberikan pendampingan salahsatunya lewat kegiatan pelatihan kewirausahaan dan keuangan sederhana ini. “Meski secara akuntansi sederhana, pokoknya tiap ada uang masuk tercatat. Intinya ibu-ibu sekalian tahu, misal pada bulan ini punya keuntungan Rp 100 ribu, jangan sampai keuntungan tersebut digerogoti pengeluaran yang konsumtif,” tandasnya.

Pelatihan ini juga menyajikan kiat-kiat untuk meningkatkan usaha, keterampilan membuat kerudung, dsb. Pelatihan ini merupakan hasil kerjasama ICMI, Laznas BMT, BMT BIC dan PT PP (Persero) Tbk.

 

Iklan