Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) sedang menjajaki kerja sama dengan organisasi kemanusiaan Palestina dalam berbagai sektor untuk mengeratkan hubungan kedua negara. “Kerja sama yang sedang dijajaki terdiri dari berbagai sektor yang salah satunya mengenai kemanusiaan dan kepemudaan,” kata Ketua Presidium ICMI, Ilham Akbar Habibie, di ICMI Center, Jakarta, Jumat (28/1).

Pererat Hubungan Persaudaraan

Pernyataan Ilham tersebut dituturkan setelah silaturahmi antara ICMI, MerC dan organisasi kemanusiaan Palestina yakni “The House of Wisdom Institution For Conflict Resolution and Governance” di kantor ICMI Center. Dalam silaturahmi tersebut, delegasi dari organisasi kemanusiaan Palestina yang dipimpin oleh Mahmoud Elmadhoun menyatakan keinginannya untuk bekerja sama dengan ICMI.

ICMI menyambut baik wacana kerja sama tersebut dan berkomitmen untuk merealisasikannya. “Pada saat ini, kami sedang menjajaki kerja sama apa saja yang akan dibuat oleh ICMI dan organisasi kemanusiaan dari Palestina,” kata Ilham.

Dia juga menambahkan kemungkinan terbesar adalah mengirimkan pemuda Indonesia ke Palestina dan sebaliknya. “Tujuan mengirimkan pemuda Indonesia ke Palestina dan sebaliknya adalah agar pemuda dari kedua negara sama-sama tahu kondisi masing-masing dan bisa menciptakan program yang baik demi kemajuan dua negara,” katanya.

Saat ini, Palestina sedang mengalami konflik dan pertemuan ini diharapkan bisa mempermudah langkah-langkah Indonesia untuk membantu negara sesama Muslim tersebut. “Bantuan bukan hanya berupa obat-obatan, uang tunai, atau logistik, tapi bisa juga dalam bidang ilmu pengetahuan, dan banyak lainnya,” katanya.

Sementara itu, Yogi Prabowo dari Mer-C mengatakan pihaknya memfasilitasi pertemuan tersebut dengan harapan ada kerja sama antara ICMI dengan organisasi kemanusiaan dari Palestina. “Mer-C mengharapkan pertemuan ini akan membentuk suatu kolaborasi, kerjasama para pakar intelektual, dan mempererat hubungan dua negara dalam bidang kemanusiaan dan pembangunan sumber daya kedua pihak,” katanya.

sumber: republika.co.id

Iklan