REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) akan mengalami pasang naik baru pasca muktamar 2010. Sebab, banyak pembaharuan yang terjadi di dalam ICMI.  Demikian dikatakan Wakil Sekretaris Dewan Pakar ICMI, Zaim Uchrowi. “ICMI akan masuk pada sebuah era baru yakni dari sisi organisasinya akan terjadi peremajaan,” kata dia kepada Republika, Kamis (2/12).

Jadi, tambahnya, generasi baru ICMI akan bermunculan di jajaran kepemimpinan sementara para petinggi akan naik dan bertugas mengayomi institusi tersebut saja. Selain itu, kata Zaim, hal lain yang akan dilakukan sebagai penanda era baru kebangkitan ICMI dalam hal substantif, yaitu pendekatan profesionalitas akan semakin menguat.

Artinya, menurut dia, pertimbangan-pertimbangan profesional akan menjadi lebih dalam dari seluruh aspek. Termasuk didalamnya penentuan pengurus dan anggota, juga pengambilan keputusan yang akan lebih mengemuka.

Zaim juga mengungkapkan, dalam ICMI sekarang akan meciptakan pembangunan karakter yang kuat. Kemudian tuntunan kewirausahaan juga akan semakin menguat. “Penekanannya sudah mulai masuk ke kewirausahaan,” kata dia.

Pasalnya, ICMI dianggap memiliki peran strategis karena lintas sektoral. Sebab didalam ICMI, terdapat anggota yang berasal dari seluruh partai dan ormas. Hal tersebut, menurutnya, akan semakin relevan dengan kondisi sekarang untuk menciptakan sebuah gerakan umat yang kuat.

Red: Budi Raharjo

Rep: Yasmina Hasni

Iklan